cara berhubungan dengan manusia

Sebuah pepatah mengatakan “lain kepala lain isinya”. Ungkapan tersebut mewakili kenyataan bahwa sudah merupakan fitrah kalau setiap manusia pikiran serta keinginannya berbeda dengan orang lain. Sisi positifnya perbedaan tersebut membuat kehidupan sosial manusia menjadi indah karena setiap warna dari seseorang akan bercampur dengan warna dari orang lain. Tentu saja membutuhkan manajemen yang baik dari masing-masing individu supaya warna-warna tersebut senantiasa menghasilkan perpaduan yang serasi, selaras dan menyenangkan pandangan mata.

Memberikan apresiasi positif
Kiat kedua untuk merawat sebuah hubungan dengan sesama manusia adalah kerelaan untuk memberikan apresiasi positif kepada orang lain apapun prestasinya. Bisa jadi apa yang orang lain lakukan dan peroleh itu tidak istimewa menurut standard kita, namun bagi orang tersebut mungkin lain. Pencapaian yang ia dapatkan barangkali merupakan prestasi terbaik dalam hidupnya sehingga aura kepuasan dan kebanggaan nampak sekali dalam dirinya. Apakah kita tega merusak kebahagiannya dengan meremehkannya?

Bentuk apresiasi lainnya yang bisa kita berikan kepada orang yang sedang bergembira dengan prestasinya adalah dengan ucapan. Redaksi dari kalimat ucapan itu bisa berbagai macam; ucapan selamat atas prestasinya, maupun ungkapan-ungkapan yang menunjukkan kekaguman kita atas pencapainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: